Sosialisasi Persampahan di Kecamatan Bontang Utara

Berita Kecamatan

Bontang, Dalam rangka mendorong partisipasi dan peran serta masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan Kecamatan Bontang Utara melalui Kasi Prasarana sarana Pelayanan Umum menggelar sosialisasi Peningkatan Peran Serta Masyarakat dalam Persampahan yang di digelar di BPU Kecamatan Bontang Utara yang dilaksanakan pada 15- 18 April 2019, yang di hadiri Kasi prasarana sarana pelayanan Umum Hj. Marlina, SE, M.Si, Kasi Pemberdayaan Masyarakat Dra. Andi Ufrah, Kasubag Umum Titik Dwi Lestari,S.Pd , Kasubag Program Perencanaan dan Keuangan Irmita Prima Ningrum,S.Sos,perwakilan Kelurahan dan  masyarakat dari 6 kelurahan dengan menghadirkan Nara sumber  dari Bikal Hamzah haz dan Kube Mekar Sari  Rahmawati, para peserta sangat antusias dalam mengikuti Sosialisasi Ini yang langsung di buka oleh Camat Bontang Utara Zemmy Hasz, SE.

 

Dalam sambutannya Zemmy, sapaan akrabnya menyampaikan terima kasih dan memberikan apreasiasi kepada nara sumber yg hadir dalam acara ini yg telah memberikan ilmunya kepada masyarakat bagaimana cara mengurangi sampah dan cara pemanfaatanya agar sampah bisa bernilai tambah dan dengan adanya swadaya masyarakat kita bisa mengurangi sampah rumah tangga dan sampah plastik yang sesuai dengan arahan Walikota Bontang.
Adapun materi – materi yang disampaikan terkait dengan pemahaman tentang pengelolaan sampah dan perlunya menjaga kebersihan lingkungan serta cara merubah sampah menjadi kompos cair, padat dan pemanfaatan Botol plastik menjadi ecobrick menjadi dengan metode takakura dimana kita memanfatkan sampah rumah tangga yang di kumpulkan di dalam keranjang
Takakura adalah salah satu metode pengomposan baik skala rumah tangga maupun skala kawasan. Metode ini tidak memerlukan lahan yang luas dan kapasitasnya cocok dengan volume sampah domestic yang dibuang oleh rumah tangga sehari-harinya. Dengan metode ini, sampah organic rumah tangga dapat dikelola dengan mudah, tidak menimbulkan bau, tidak menyita banyak waktu dalam pemrosesannya dan hasilnya langsung dimanfaatkan sedangkan untuk ecobrick kita bisa menggunakan botol minum dan kemasan plastik yang di masukan kedalam botol hingga padat.
Sementara itu Kasi Prasarana Sarana Pelayanan umum Hj.Marlina SE,M.Si berharap Melalui kegiatan sosialisasi diharapkan masyarakat lebih mengetahui manfaat dari pengelolaan persampahan dan berperan aktif dalam pengelolaan sampah secara baik dan benar.

Bagikan ke media sosial
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *