Camat Bontang Utara Buka Sosialisasi Program Kali Bersih (PROKASIH) di Kelurahan Guntung

Berita Kecamatan

Bontang, Pemerintah Kota Bontang melalui Dinas Lingkungan Hidup,  mengadakan Sosialisasi Program Kali Bersih (PROKASIH) yang berlangsung di Gedung Serba Guna Kelurahan Guntung,Senin (08/07).

Tujuan program Prokasih yakni upaya pengendalian pencemaran air sungai dengan tujuan untuk mening­katkan kualitas air sungai agar tetap berfungsi sesuai dengan peruntukan­nya.
Camat Bontang Utara Drs, Sudi Priyanto, M. SI, membuka acara tersebut  yang dihadiri dan  memberikan arahan pada kegiatan tersebut Lurah Guntung, Kepala BPBD, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas PUPR,Mahasiswa KKN UNMUL,UGM, lembaga adat, Ketua RT, warga guntung serta Duta Lingkungan hidup Kota Bontang.

dalam sambutanya Camat Bontang Utara Camat Bontang Utara dalam sambutannya menyampaikan pentingnya peran masyarakat dalam menciptakan tatanan lingkungan yang bersih, termasuk peran menjaga kualitas air sungai dengan tidak membuang sampah/limbah secara sembarangan. Saat ini pemerintah Kota Bontang fokus untuk melakukan normalisasi sungai yang ada di Kota Bontang himbauam terkait pentingnya Partisipasi masyarakat dalam normalisasi sungai. bahkan untuk di Kelurahan Guntung telah diturunkan alat berat exsavator yang telah bekerja lebih dari sebulan memperlebar dan memperdalam alur sungai guntung dan sungai kanibungan. Program ini dapat berjalan baik dengan adanya dukungan masyarakat termasuk dukungan pemilik lahan dan pemilik tanam tumbuh yang berada di pinggir bantaran sungai, yang tidak menuntut ganti rugi.
” agar normalisasi sungai di Guntung bisa berhasil harus ada kerjasama dan komintmen  dari masyarakat” ucapnya.

sementara itu Dinas Lingkungan Hidup dalam sosialisasinya memberikan gambaran tentang arah rencana lanjutan normalisasi di sungai guntung dan kanibungan yang tetap mengharapkan kiranya pemilik lahan tetap memberikan akses bagi pemerintah dalam melakukan perawatan prokasih yang telah dilaksanakan.

Pada kesempatan yang sama kepala BPBD juga mensosialisasikan hal-hal terkait kebencanaan baik yang diakibatkan oleh alam maupun non alam.

Dalam sesi diskusi juga turut memberikan masukan dari lembaga adat dan perwakilan ketua RT terkait dukungan terhadap prokasih dan normalisasi sungai guntung dan sungai kanibungan guna mencegah bencana banjir dikemudian hari.

Bagikan ke media sosial
  • 13
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    13
    Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *