Penilaian Lomba Kelurahan Sehat se Kecamatan Bontang Utara, wujudkan Kota Sehat yang Berkualitas.

Berita Kecamatan

Bontang,  Penilaian Lomba Kelurahan Sehat tingkat Kecamatan Bontang Utara, mulai dilaksanakan sejak selasa (16/07/2019) hingga kamis (18/07/2019).

Kegiatan ini diinisiasi oleh Pemerintah Kota Bontang melalui Kecamatan Bontang Utara dengan melibatkan tim penilai dari Forum Kota Sehat (Forkohat) Kota Bontang dan Forum Koordinasi Kelurahan Sehat (FKKS) Kecamatan Bontang Utara.

Ini sekaligus juga merupakan upaya untuk memberikan evaluasi atas hasil capaian dari indikator Kota Sehat di setiap kelurahan, sekaligus melakukan cross cek kelengkapan administrasi pendukung yang menjadi bagian dari pembuktian atas proses yang berjalan dengan baik dalam meningkatkan kualitas kota sehat.

Sekaligus juga mendukung persiapan Kota Bontang yang akan kembali diverifikasi oleh Pemerintah Pusat pada penilaian Kota sehat tahun 2019.
Sebagaimana kita ketahui bahwa Kota Bontang ditetapkan sebagai penerima penghargaan Kota Sehat Swasti Saba Wistara setelah melalui verifikasi tim provinsi dan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia  dengan memenuhi 8 tatanan indikator tatanan Kota Sehat yakni: 1). Tatanan kawasan permukiman sarana dan prasarana yang sehat

2). Tatanan Kawasan tertib lalu lintas dan pelayanan transportasi sehat

3.Tatanan kawasan pariwisata sehat

4. Tatanan kawasan industri dan perkantoran sehat

5. Tatanan Kawasan Hutan Sehat

6. Tatanan ketahanan pangan dan gizi

7.  Tatanan kehidupan masyarakat yang sehat dan mandiri

8. Tatanan Kehidupan sosial yang sehat

Keberhasilan Pemerintah Kota Bontang dalam meraih penghargaan Kota Sehat ini tidak lepas dari komitmen dan program yang telah dilaksanakan oleh pemerintah, khususnya dalam bidang kesehatan. Tidak kalah penting, keberhasilan Bontang meraih penghargaan ini juga  berkat dukungan seluruh elemen masyarakat dan juga kerja keras seluruh pengurus Tim Forum Kota Sehat (Forkohat) Kota Bontang serta dinas terkait dan perusahaan dalam membantu menjalankan program kerja Forkohat dalam mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat.

Sebagai bahan informasi, penilaian untuk predikat Kota Sehat ini didasarkan pada Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Nomor 34 Tahun 2005 Tentang Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat. Pemberian penghargaan ini dilakukan setiap 2 tahun  sekali dan diberikan oleh Kementerian Kesehatan kepada pemerintah kabupaten/kota yang telah memberikan kontribusi besar terhadap tujuan pembangunan kesehatan.

Camat Bontang Utara beserta segenap jajaran siap mendukung peningkatan kualitas capaian kota sehat sebagai wujud pencapaian Visi dan Misi Kota Bontang.

 

Bagikan ke media sosial
  • 17
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    17
    Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *